Wednesday, 1 October 2014

Program Edukasi Anak Animals Indonesia



Masa anak-anak  merupakan salah satu masa penting penyerapan informasi pada  anak. Salah memberikan informasi di masa ini, akan berimbas sangat fatal untuk masa depan mereka. Edukasi mengenai alam dan satwa liar untuk anak, merupakan salah satu program yang rutin dilakukan oleh Animals Indonesia. Di sini anak-anak siswa Sekolah Dasar (SD) diajarkan mengenai pentingnya menjaga alam dan makhluk hidup lainnya. Memang baru terbatas untuk SD yang berada di sekitar lingkungan Taman Hutan Raya(Tahura) R Soeryo, tapi besar harapan kami akan dampaknya. Bekerja sama dengan Javan langur Centre (JLC) / Aspinall Foundation dan Orangufriends Malang, hingga kini sudah 10 sekolah yang teredukasi. SDN Tulungrejo 4 Bumiaji Batu, kini sudah menyatakan komitmennya untuk rutin mengedukasi siswanya mengenai alam dan satwa bersama Animals Indonesia dan  JLC.

Sebagai perkenalan program edukasi untuk sekolah di sekitar Tahura R Soeryo ini, dibagi menjadi 2 pertemuan. Pertemuan pertama materi  presentasi tentang primata jawa dan pada pertemuan kedua diisi dengan kegiatan belajar dan bermain di luar ruangan. Pada pertemuan pertama siswa diberi informasi mengenai apa saja primata jawa itu dan kenapa harus dilindungi. Di pertemuan kedua para siswa diajak untuk mengenal alam langsung di area JLC. Observasi fotosintesis pada tanaman hydrilla, serangga air sebagai indikator air bersih, dan mengenai tanda tanda alam. Para siswa SD ini sangat bersemangat disetiap pertemuannya, terutama saat kegiatan diluar ruangan. Bermain dialiran sungai yang bersih, sambil belajar merupakan salah satu materi edukasi yang dirasa sangat efektif.

Dengan program edukasi yang terus berkelanjutan, Animlas Indonesia berharap akan terbentuk agen-agen perubahan yang baru, dengan pola pikir yang lebih maju. Terus dukung Animals Indonesia untuk terus menjaga satwa dan habitatnya.


Untuk informasi edukasi silahkan hubungi :
Suwarno - Wildjava Coordinator
Mobile : : 082233951221

No comments:

Post a Comment