Wednesday, 19 November 2014

SAATNYA KOMISI PENYIARAN INDONESIA ( KPI ) MELAKUKAN PENGAWASAN YANG KETAT UNTUK TAYANGAN YANG MELIBATKAN SATWA LIAR

Siaran pers

Jakarta - Media televisi seharusnya menjadi guru yang baik dan benar bagi masyarakat dalam upaya penyampaian informasi. Termasuk dalam upaya dukungan konservasi satwa liar di Indonesia. Ironisnya pada tanggal 8 November 2014 tayangan konser musik Inbox di SCTV menggunakan Orangutan dan burung Kakatua sebagai hiburan di panggung musik tersebut. Orangutan di bawa naik ke panggung hiburan tersebut dan dijadikan bahan lelucon pada acara tersebut tanpa ada nilai edukasi apapun mengenai satwa liar.

“ Media seharusnya menjadi guru bagi pemirsa televisi dan sudah seharusnya memberikan edukasi yang baik dan benar mengenai satwa liar kepada para penonton.  Namun justru ironisnya acara musik Inbox di SCTV menggunakan orangutan sebagai bahan hiburan dan lelucon saja. Dan ini sama sekali tidak lucu karena orangutan bukan mainan “ Hery Susanto Juru Kampanye COP.

Ketika para aktivis perlindungan satwa liar berjibaku melawan perdagangan satwa liar dan melakukan edukasi serta penyadaran ke masyarakat pentingnya satwa liar di alam seakan media melakukan hal yang kontraproduktif dengan upaya konservasi satwa liar di Indonesia.

“ Acara Inbox mencontohkan gimana jinaknya burung kakatua dan orangutan dari segi kelucuan di panggung hiburan musik tersebut. Burung kakatua dan Orangutan merupakan jenis satwa liar dilindungi namun sangat disayangkan ketika dengan bebas satwa tersebut bisa digunakan dalam sebuah acara hiburan” Benvika Juru kampanye JAAN.

Tayangan yang menggunakan satwa liar seharusnya memuat nilai edukasi dan penyadartahuan yang baik dan benar bukan hanya menonjolkan sisi hiburan semata. Dan hari ini Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Centre for Orangutan Protection (COP), Orangutan Information Center (OIC), Animals Indonesia dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) mendatangi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat untuk menyampaikan aspirasi bahwa sudah seharusnya KPI menegur SCTV perihal acara Inbox yang menggunakan Orangutan dan kakatua. KPI juga harus melakukan pemantauan yang ketat untuk acara yang menggunakan satwa liar yang tidak ada nilai edukasinya. 


Untuk informasi dan wawancara silahkan menghubungi:

Hery Susanto, Juru kampanye COP.
H: 081284834363

Benvika Juru, Kampanye JAAN.
H: 081315380038

Paulina Wijanarko
Communication Specialist
Borneo Orangutan Survival Foundation

No comments:

Post a Comment