Monday, 31 August 2015

Berkas Tersangka Penjual Satwa Dilindungi Melalui Facebook Dilimpahkan Ke Pengadilan

Tim Animals Indonesia berada di Polisi Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) di Surabaya untuk menandatangani Berita Acara Serah Terima Kasus dari Kepolisian ke Kejaksaan Tinggi Surabaya (Dokumen P21) dan kasus siap untuk disidangkan. 


Tersangka adalah pedagang satwa dilindungi yang sudah lama menjual satwa melalui jejaring sosial Facebook. Tersangka menjual sebanyak 12 satwa langka dilindungi pemerintah.

Hasil penggrebekan Subdit IV Unit Pidana Khusus (Pidsus) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim pada tanggal 3 juli 2015 tersebut berhasil diamankan beberapa jenis burung dilindungi yakni Elang Brontok, Elang Laut Perut Putih, Alap Alap Sapi, anak Elang, serta Elang Jawa.

Terungkapnya kasus itu berdasarkan informasi dari pecinta hewan Animals Indonesia dan Centre for Orangutan Protection (COP), bahwa ada seorang warga memelihara dan menjual hewan yang dilindungi pemerintah.

Polisi menjerat tersangka pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2 UU RI No.5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, tersangka terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 100 juta.

Tim Animals Indonesia akan terus mengawal kasus ini hingga adanya fonis berkekuatan hukum tetap. 

No comments:

Post a Comment