Saturday, 12 September 2015

BELAJAR CINTA SATWA MELALUI HEWAN TANAH

Untuk menumbuhkan cinta satwa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah seperti yang dilakukan Animals Indonesia bersama siswa kelas lima SDN Tulungrejo 4, Bumiaji, Kota Batu pagi ini.

Dengan berbekal papan observasi dan lembar kerja yang telah ditugaskan pengajar dari tim Animals Indonesia dan Javan Langur Center (JLC) para siswa bekerja secara sistematis membuktikan bahwa hewan hidup di dalam tanah juga memerlukan udara. Udara dihasilkan oleh pohon dan tanaman.

Berbagai jenis hewan ditemukan siswa di sekeliling halaman sekolah, mulai semut hingga hewan yang belum pernah mereka temui sebelumnya, bahkan banyak hewan yang belum mereka ketahui namanya. Hanya sedikit waktu untuk mereka belajar mengenal dan mencintai hewan secara luas apalagi hewan endemik dan dilindungi.

Siwa kelas enam ini pernah belajar dengan tim Animals Indonesia dan JLC sebelumnya mulai pengamatan serangga, menyayangi pohon, udara dalam air hingga belajar proses rehabilitasi lutung jawa di dalam kandang karantina JLC.

Proses belajar mengenal dan mencintai satwa yang disampaikan kepada siswa dengan cara yang atraktif, unik dan  praktik langsung dapat menarik minat siswa untuk mengekplorasi kekayaan alam di sekitar mereka terutama satwa.

Media belajar tak harus mahal dan mewah. Dengan mengenali dunia sekeliling mereka dengan panduan dan pendidikan konservasi satwa yang benar kelak akan mengakar dalam memori bawah sadar mereka bahwa menjaga dan melestarikan satwa adalah penting untuk kehidupan.

No comments:

Post a Comment