Saturday, 31 December 2016

RAPORT PENDIDIKAN KONSERVASI 5 SEKOLAH DASAR DI SELANGIT

ANIMALS.ID 2016

Keterlibatan masyarakat dalam upaya konservasi satwa saat ini  mutlak diperlukan. Tak sedikit penduduk hidup dalam kawasan konservasi cenderung menjadi objek dan tak terlibat secara langsung bahkan cenderung menjadi individu yang selalu dimanfaatkan pihak luar sebagai pemburu dan pemasok satwa dilindungi dari kawasan konservasi. Aktivitas illegal tersebut tak terlepas dari sikap acuh dan hedonis pemangku kepentingan baik pemerintah atau lembaga masyarakat yang bekerja dalam kawasan tersebut. Masyarakat cenderung ditinggal dan tak dilibatkan bahkan tak menerima manfaat dari program tersebut. Untuk itu perhatian dari skala kecil melalui pendidikan menjadi sangat penting guna menambah wawasan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan dan satwa yang hidup di dalamnya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meminimalisir akses illegal  masyarakat  terhadap kawasan konservasi dengan melakukan upaya melibatkan masyarakat dan pendidikan.

Di Sumatera Selatan, Animals Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas melalui UPTD Dinas Dinas Pendidikan Dasar Kecamatan Selangit melakukan edukasi di 5 sekolah dasar yakni di SDN Napal Melintang, SDN Batu Gane, SDN Karang Panggung, SDN Taba Gindo, SDN Taba Renah. Kelima sekolah tersebut terdapat di desa yang ada dalam zona pemanfaatan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah Lubuklinggau. Hal ini menjadi sangat penting karena jarak yang dekat dan mudahnya masyarakat mengakses kedalam kawasan tersebut.

Program pembelajaran ini secara intensif dilakukan pertemuan kepada para siswa setiap minggu di sekolah yang sama dengan materi yang berbeda tentang satwa dan hutan sesuai dengan kurikulum yang telah disiapkan. Selama satu tahun tim edukasi yang terdiri dari tiga staf berpengalaman melakukan pembelajaran di kelima sekolah tersebut menyampaikan pembelajaran dan materi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

Hingga akhir tahun pembelajaran telah terlihat dampak yang signifikan dari program tersebut, yakni dengan semakin meningkatnya pengetahuan, pemahaman dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga hutan dan satwa.

No comments:

Post a Comment